11 Agustus 2011

Kejadian Kardiovaskular terkait Penyakit Ginjal Kronis

Oleh Elok N Artiko/Pranawa

Penyakit ginjal kronis (PGK) merupakan sindroma klinis yang muncul dikarenakan penurunan fungsi ginjal secara menetap akibat kerusakan nefron. Proses penurunan fungsi ginjal ini berjalan secara kronis dan progresif yang pada akhirnya peasien akan jatuh pada kondisi penyakit ginjal terminal (PGT) atau end-stage renal disease (ESRD) (Wali et al, 2005). Harapan hidup pasien PGT usia 49 tahun diperkirakan 7,1 tahun dibandingkan kanker kolon 8,6 tahun, kanker prostat 12,8 tahun, dan 29,8 tahun pada populasi umum (Johnson et al, 2003).
Angka kematian pasien PGT lebih dari 50% disebabkan oleh penyakit kardiovaskular (PKV). Tingginya angka mortalitas pada pasien PGK menyebab banyak pasien tidak cukup bertahan sebelum jatuh pada keadaan PGT (Keane et al, 2005). Kejadian kardiovaskular sebagai penyebab kematian pada populasi ini adalah infark miokard akut (IMA) dan sudden cardiac death (Wali et al, 2005; Paraskevas et al, 2010).
Pengobatan yang tepat dan efektif penyakit kardiovaskuler pada pasien PGK berpotensi meningkatkan status fungsional dan kelangsungan hidup pasien PGK.
Makalah lengkap dapat dilihat disini

Tidak ada komentar:

Media Edukasi dan Silaturahmi Alumni & PPDS Kardiologi Unair

Non Scholae Sad Vitae

Google
WWW Blog ini