19 September 2010

PERIKARDITIS TUBERKULOSIS


Wiwin Is Effendi, Agus Subagjo

Perikarditis tuberkulosis (PT) adalah infeksi tuberkulosis yang terjadi pada membran perikard yang melapisi jantung. Infeksi membran selaput jantung ini mengakibatkan terbentuknya efusi perikard, yang dapat menimbulkan tamponade. Terkadang infeksi ini juga dapat menyebabkan penebalan perikard tanpa disertai efusi dan menimbulkan perikarditis konstriktif (Mayosi 2009).

Perikarditis termasuk manifestasi penyakit tuberkulosis yang sangat jarang tetapi dapat berakibat fatal jika tidak mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat (Trautner & Daroiuche 2001). Di negara berkembang, dimana tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan utama, hampir 50% dari semua kasus perikarditis disebabkan oleh karena infeksi tuberkulosis (Magula dkk, 2003). Sebaliknya, di negara maju kasus perikarditis yang disebabkan oleh infeksi tuberkulosis hanya kurang dari 5% (Troughton dkk, 2004).

Di Afrika, insiden PT dikatakan meningkat akibat efek langsung dari epidemik HIV (Maher dkk, 1997). Terdapat hubungan yang kuat antara infeksi HIV dan PT di daerah endemik, dimana 40% - 75% pasien dengan efusi perikard terinfeksi HIV juga (Magula dkk, 2003). Efek infeksi pada manifestasi klinis, respon pengobatan dan hasil akhir pasien PT belum didokumentasikan dengan baik (Trautner dkk, 2001). Pada pasien PT yang juga terinfeksi HIV, akan memudahkan terjadinya penyebaran tuberkulosisnya dibandingkan dengan pasien tanpa HIV, sehingga diperkirakan akan terjadi perburukan dan perawatan yang lama (Pozniak dkk, 1994)

Meskipun didapatkan penurunan kasus tuberkulosis (TB) yang signifikan di negara-negara industri dalam rentang waktu lebih dari 100 tahun, perkiraan jumlah kasus baru di seluruh dunia meningkat sangat cepat, dari 8 juta pada 1997 menjadi 8.3 juta di tahun 2000. Diperkirakan menjadi 10.2 juta di tahun 2005. Sekitar 95 % kasus TB aktif terdapat di Afrika, Asia dan Amerika latin dan 98 % dari sekitar 2 juta penderita mati tiap tahunnya (Murray, 2004). Prevalensi TB di Indonesia tahun 2000 sekitar 2,9 juta penduduk (Tjandra, 2000) maka yang akan mengalami kasus perikarditis tuberkulosis juga akan meningkat.

Tujuan dari kepustakaan ini adalah mengingatkan kembali bahwa kasus TB masih merupakan masalah serius di Indonesia, maka secara teoritis tidak menutup kemungkinan bahwa kasus PT akan semakin banyak. Mengingat terdapat keterkaitan antara infeksi HIV/AIDS dengan Tb, maka dengan adanya peningkatan kasus HIV/AIDS di Indonesia, maka dimungkinkan bahwa kasus PT akan banyak ditemukan juga.


Naskah selengkapnya disini

Tidak ada komentar:

Media Edukasi dan Silaturahmi Alumni & PPDS Kardiologi Unair

Non Scholae Sad Vitae

Google
WWW Blog ini