31 Juli 2008

SEORANG PENDERITA DENGAN BENDA ASING KARDIAK

Hypertension2 Setyasih Anjarwani, Achmad Lefi

Trauma merupakan salah satu penyebab kematian utama pada penderita berusia kurang dari 40 tahun. Trauma toraks merupakan 25 % penyebab dari 50.000 kematian akibat kecelakaan di AS. Dari trauma toraks tersebut, trauma kardiak mempunyai proporsi yang tinggi, namun insiden pasti tidak diketahui. Kriteria yang jelas untuk mendiagnosis trauma kardiak tidak didapatkan.

Salah satu penyebab trauma kardiak adalah benda asing. Beberapa benda asing intraperikard maupun intrakardiak yang pernah dilaporkan yaitu peluru, pecahan peluru meriam, pecahan granat tangan, jarum jahit maupun jarum hipodermik. Terdapat juga laporan kasus benda asing kardiak berupa jarum ataupun benda lainnya yang diinsersikan sendiri oleh penderita, pada umumnya dengan gangguan psikiatri.

Manifestasi klinis benda asing kardiak dapat muncul segera sesudah trauma maupun berupa manifestasi lanjut. Komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh benda asing kardiak adalah perdarahan atau inflamasi. Penatalaksanaan benda asing kardiak masih kontroversial dan bersifat individual. Terdapat dua pilihan yaitu konservatif atau ekstraksi.

Naskah lengkap disini

Tidak ada komentar:

Media Edukasi dan Silaturahmi Alumni & PPDS Kardiologi Unair

Non Scholae Sad Vitae

Google
WWW Blog ini