17 Agustus 2011

CORONARY STENT Past, Present and Future


Gusti Rifansyah, R. Mohammad Yogiarto

Setelah abad ke 20, sebagian besar negara-negara di dunia mengalami pergeseran struktur sosial, ekonomi, politik, pendidikan serta lingkungan. Hal ini berakibat pada terjadinya perubahan pola masyarakat yang pada awalnya berupa masyarakat terpencil dan agraris menjadi masyarakat urban dan industri.

Transisi sosial dan ekonomi ini lebih lanjut berdampak pada terjadinya perubahan demografi masyarakat, struktur industri, tingkat pendapatan, pola pembelanjaan, tingkat pendidikan, struktur keluarga, pola makan, serta aktifitas fisik. Perubahan-perubahan ini telah meningkatkan secara bermakna faktor-faktor risiko serta angka kesakitan akibat Penyakit Kardiovaskuler (PKV)

Di tahun 2000, sekitar 16,6 juta atau 1/3 dari total  kasus kematian di seluruh dunia disebabkan oleh karena PKV dimana Penyakit Jantung Koroner (PJK) dan stroke merupakan penyumbang terbesar (7,2 juta dan 5,5 juta) dan 3,9 juta jiwa diakibatkan oleh hipertensi dan penyakit jantung lainnya. Sekitar 28% kasus kematian pada laki-laki dan 34% kasus kematian pada wanita berkaitan dengan pula dengan PKV. Perkiraan 10 penyebab utama kematian pada tahun 2020 dapat dilihat dari tabel 1

Naskah lengkap disini

Tidak ada komentar:

Media Edukasi dan Silaturahmi Alumni & PPDS Kardiologi Unair

Non Scholae Sad Vitae

Google
WWW Blog ini