01 Oktober 2011

Toxic Heart Valvulopathy

Teguh W. Purnomo, Budi Susetyo Pikir

Hubungan antara obat-obatan tertentu dengan lesi valvular, diidentifikasikan sebagai etiologi ‘baru’ penyakit katup jantung dan dikenal dengan istilah valvulopati jantung toksika (toxic heart valvulopathy/ drug-induced valvular heart disease,VHD).
Awalnya, ditemukan reaksi fibrotik pleuropulmonal dan retroperitoneal pada penggunaan obat-obatan derivat ergot, seperti methysergide dan ergotamine. Pada tahun 1997, fenfluramine dan phentermine (Fen-Phen), keduanya merupakan penekan rasa lapar (appetite suppressant), ditarik dari peredaran setelah adanya laporan kejadian penyakit katup jantung pada wanita muda. Terakhir pada tahun 2007, obat-obatan derivat ergot, seperti pergolide dan cabergoline ditarik dari peredaran karena dicurigai menginduksi kejadian regurgitasi valvular.
Masih terdapat kontroversi mengenai insiden valvulopati toksika, tetapi semua data klinis yang tersedia bersamaan dengan reprodusibilitas studi prospektif pada hewan coba membuktikan bahwa valvulopati toksika benar-benar ada.

Lihat disini

Tidak ada komentar:

Media Edukasi dan Silaturahmi Alumni & PPDS Kardiologi Unair

Non Scholae Sad Vitae

Google
WWW Blog ini